Home / Uncategorized / Serba-serbi Kartu Kredit

Serba-serbi Kartu Kredit

Keberadaan kartu kredit sudah dikenal sejak lama, namun pola transaksi keuangan masa kini membuat kartu kredit jauh lebih bermanfaat dan praktis. Tapi, apa sebenarnya kartu kredit itu? Mari simak lebih dalam mengenai kartu kredit agar Anda memahaminya dengan benar dan bisa memanfaatkannya dengan baik.

Secara sederhana, pengertian kartu kredit adalah alat pembayaran berupa kartu yang dalam transaksi keuangan, biaya pembayaran akan dipenuhi terlebih dahulu oleh bank penerbit kartu. Setelah itu, pemilik kartu kredit wajib melunasi utang pembayaran kartu tersebut sesuai dengan jangka waktu yang telah disepakati sebelumnya. Kartu kredit berbeda dengan kartu debit yang membayar dari uang Anda sesungguhnya, sehingga kartu kredit mampu memberikan keuntungan tersendiri bagi yang menggunakannya.

Meski demikian, pada banyak aspek, kartu kredit tidak berbeda dengan kartu debit. Satu-satunya perbedaan hanyalah pada sumber dana yang digunakan. Sumber dana kartu kredit adalah saldo terutang yang memiliki limit terbatas dalam jumlah tertentu. Misalnya, kartu kredit bisa diberi limit 3 juta, 5 juta, 10 juta, atau lainnya sesuai dengan profil Anda. Umumnya, besaran limit kartu kredit tidak akan melebihi gaji bulanan Anda.

Pemilik kartu kredit akan dikenakan biaya-biaya tertentu yang muncul akibat penggunaan kartu kredit tersebut. Biaya tahunan dibebankan pada pengguna kartu kredit sesuai dengan fasilitas yang diberikan oleh pihak bank. Pada banyak kasus, biaya tahunan untuk tahun pertama sering digratiskan untuk memberikan manfaat lebih bagi pengguna kartu kredit.

Selain itu, ada pula biaya keterlambatan dan bunga. Biaya keterlambatan dikenakan jika pemilik kartu telat membayar tagihan. Sementara bunga dibebankan jika Anda menggunakan kartu untuk melakukan pembayaran secara kredit atau cicilan. Jika Anda overlimit dalam menggunakan kartu kredit, ada pula biaya yang perlu Anda bayarkan.

Di luar biaya-biaya tersebut, masih ada lagi biaya untuk beberapa fasilitas yang diberikan oleh kartu kredit seperti biaya tarik tunai dan biaya informasi tagihan. Biaya tarik tunai biasanya dibebankan jika Anda menggunakan kartu kredit untuk mengambil uang tunai. Sementara biaya informasi tagihan dibebankan saat Anda membutuhkan informasi tagihan secara detail dan lengkap. Jika memungkinkan, pilih kartu kredit bebas biaya bulanan agar lebih ringan.

About Aname

Check Also

keripik singkong panjang

Ini Dia Keripik Singkong Panjang, Yuk Simak Cara Membuatnya!

Apa kamu penyuka keripik singkong? Atau justru kamu penggemar cemilan ini? Keripik singkong punya cita …

Leave a Reply

Your email address will not be published.