Home / kesehatan / Sabun Anti Kuman Batang atau Cair, Pilih Mana?

Sabun Anti Kuman Batang atau Cair, Pilih Mana?

Menjaga kebersihan badan adalah salah satu hal penting yang harus kita terapkan dalam kebiasaan sehari-hari. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan badan, termasuk mandi minimal dua kali sehari harus diterapkan sebagai kebiasaan yang baik. 

Selama mandi, Anda juga harus memperhatikan produk produk yang digunakan, seperti sabun, pasta gigi, shampo dan lain sebagainya. Beberapa produk dibuat dengan formula biasa, namun ada juga yang dibuat khusus anti bakteri, anti kuman dan lain sebagainya. 

Sabun Anti Kuman Batang atau Cair, Pilih Mana?

Banyaknya aktivitas yang harus kita lakukan, baik di dalam maupun di luar ruangan membuat berbagai polusi, debu dan kotoran menempel di kulit. Salah satu upaya untuk menjaga kesehatan tubuh adalah dengan menjaga kebersihan, baik dari diri sendiri atau lingkungan. 

Mandi dua hari sekali sudah menjadi upaya untuk menjaga kebersihan tubuh namun Anda harus menggunakan sabun yang tepat. Sabun anti kuman merupakan pilihan yang tepat agar semua kotoran, debu, kuman, dan bakteri yang menempel pada kulit bisa hilang. 

Ada dua bentuk sabun mandi yang biasa kita jumpai, yaitu sabun batang dan sabun cair. Lantas, bentuk sabun seperti apa yang lebih baik untuk membersihkan kulit tubuh dari kuman dan bakteri yang menempel setelah aktivitas di luar rumah?

Sebagian besar memilih sabun batangan karena memiliki efek mekanik saat menggosok sehingga lebih banyak kotoran yang hilang. Namun, hal ini juga tergantung pada cara penggunaan sabun karena sabun cair bisa menggunakan alat untuk menggosok kulit. 

Bukan hanya itu, sabun batang juga dianggap lebih mudah penggunaannya dan lebih ekonomis dibandingkan sabun cair. Itulah mengapa banyak orang yang masih setia menggunakan sabun batangan. 

Meski begitu, The Centers fot Disease Control and Prevention di Amerika Serikat lebih menyarankan untuk penggunaan sabun cair karena sabun batangan dianggap kurang higienis. Pemakaian sabun batang yang digosok membuat kemungkinan penularan kuman lebih besar.

Penggunaan sabun batang maupun cair harus disesuaikan dengan kebutuhan. Jadi, sebelum Anda memilih salah satu jenis sabun ini pastikan untuk mengenal kelebihan dan kekurangannya agar mendapatkan sabun mandi terbaik. 

About Aname

Leave a Reply

Your email address will not be published.