Home / Bisnis / Ruang Kerja Fleksibel: Tren yang Tidak Terlupakan di Masa Pandemi

Ruang Kerja Fleksibel: Tren yang Tidak Terlupakan di Masa Pandemi

Pandemi Covid-19 telah mengubah cara kerja banyak orang di seluruh dunia, termasuk di bidang properti dan virtual office jakarta selatan. Banyak perusahaan besar dan multinasional yang mulai beralih ke ruang kerja fleksibel atau “hotel kantor” karena dinilai lebih efisien untuk mengelola portofolio properti mereka. Ruang kerja fleksibel adalah solusi bekerja yang berfokus pada karyawan di dalam kebijakan operasional perusahaan, sehingga memungkinkan mereka bekerja di lokasi yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi pasar1.

Menurut penelitian dari perusahaan asal Inggris, IWG, lebih dari tiga kali lipat jumlah perusahaan The Financial Times Stock Exchange (FTSE) 250 yang ingin mengadopsi model kantor bergaya “hub and spoke” dibandingkan dengan melanjutkan dengan cara konvensional seperti sebelum pandemi. IWG Indonesia juga memilii satu fasilitas ruang kerja telah dibuka di Jakarta, sebagai salah satu pasar paling dinamis dan berkembang pesat bagi pemimpin global yang membutuhkan ruang fleksibel. Sementara itu dua ruang kerja lainnya yang akan segera dibuka di Jakarta dan satu lokasi baru di Yogyakarta.

Ruang kerja fleksibel memiliki banyak keuntungan, seperti menekan biaya operasional perusahaan, meningkatkan budaya kerja masyarakat Indonesia yang kolaboratif dan interaktif, serta memberikan kebebasan untuk mengubah lokasi kerja tim atau menempatkan departemen di berbagai wilayah di kota yang sama. Menurut JLL, 30% dari real estat komersial di seluruh dunia akan menjadi ruang kantor fleksibel pada tahun 2030. Pada dasarnya, ruang kerja fleksibel menjadi hal yang semakin lazim. Kemungkinan kantor konvensional beralih jadi kantor fleksibel sudah di depan mata.

Untuk memilih operator ruang kerja fleksibel yang tepat, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan, seperti:

  • Ukuran ruangan. Ruangan yang terlalu kecil atau terlalu besar dapat mengganggu kenyamanan dan fokus Anda. Cobalah untuk memilih ruangan yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan memungkinkan Anda bergerak dengan leluasa.
  • Posisi ruangan. Posisi ruangan yang proporsional, misalnya dekat dengan sumber cahaya alami, akan memungkinkan Anda menikmati pemandangan yang indah dan meningkatkan mood Anda.
  • Sumber daya. Pastikan operator ruang kerja fleksibel memiliki sumber daya yang cukup untuk mendukung aktivitas Anda, seperti furnitur yang dapat dipindahkan, papan putih digital, pencahayaan yang disesuaikan, dan teknologi konferensi.

About Aname

Check Also

virtual office jakarta

Cara Memberikan Kembali kepada Komunitas Ruang Kerja Fleksibel

Ruang kerja fleksibel di virtual office jakarta telah menjadi lebih dari sekadar tempat bekerja; mereka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *