Home / Uncategorized / Proses Mengubah Limbah Cair Menjadi Air Bersih

Proses Mengubah Limbah Cair Menjadi Air Bersih

PT Ajinomoto Indonesia tingkatkan program pengelolaan air limbah (WMI) untuk menolong pemerintah dalam menjaga lingkungan. Deputy Factory Manager PT Ajinomoto Indonesia Pabrik Mojokerto, Hariyono, rancangan WMI berikut sesuai bersama tidak benar satu inisiatif keberlanjutan global perusahaan untuk mengurangi kerusakan lingkungan global pas memproduksi produk-produk.

Dan sebagai upaya untuk tingkatkan mutu air di Indonesia. Hariyono menjelaskan, sistem pengolahan limbah cair berasal dari penerimaan, berasal dari sistem memproduksi (influent) hingga bersama release (effluent), memerlukan pas sistem (treatment) kurang lebih 10 hingga 12 jam dan beroperasi secara berkelanjutan selama 24 jam/hari .

 

“Pengolahan limbah cair menjadi air bersih ini dilaksanakan di dua pabrik PT Ajinomoto Indonesia, yakni di Mojokerto, Jawa Timur dan Karawang, Jawa Barat. Namun, Pabrik Mojokerto dan Pabrik Karawang berbeda secara sistem dan kapasitasnya, sebab sesuaikan bersama jenis sistem produksinya dan terhitung lokasinya.

Air limbah berasal dari sistem memproduksi masuk ke gathering tank dan equalization tank untuk diatur konsentrasi pH dan kuantitas cairan lainnya. Selanjutnya sistem pre-treatment bersama mengimbuhkan udara (proses aerasi) dan kemudian masuk ke biological De-nitrification process,” ungkapnya

 

“Hasil berasal dari sistem ini kemudian masuk ke sistem penjernihan/pengendapan pertama, yang hasilnya adalah air jernih tapi tetap sedikit berwarna (yellowish). Selanjutnya masuk ke sistem penjernihan/pengendapan ke dua agar air menjadi amat jernih dengan Flow Meter Air Limbah,” lanjutnya.

“Air jernih ini kemudian di sistem ulang di kolam aerasi (aeration pool) sebelum kelanjutannya dipompa ke titik pelepasan.” jelasnya Ia menggambarkan, di Mojokerto, memproduksi utamanya adalah MSG dan seasoning, dan hasil air sehabis seluruh sistem di atas selesai langsung dialirkan ke Sungai Brantas bersama parameter baku mutu yang udah ditetapkan oleh pemerintah pusat dan daerah.

 

“Sedangkan di Karawang, memproduksi utamanya adalah seasoning saja dan berada di dalam kawasan industri, agar limbah cair tidak langsung dialirkan ke sungai, tapi dialirkan ke WWT kawasan industri dan perlu mengikuti parameter yang udah ditetapkan oleh kawasan industri tersebut,” ungkapnya.

Hariyono terhitung memastikan, baku mutu air limbah punya PT AJINOMOTO INDONESIA selamanya di bawah yang udah ditetapkan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Baku mutu adalah batasan maksimal yang diizinkan untuk rilis air limbah ke badan sungai, artinya mutu atau parameter limbah cair industri tidak boleh melebihi atau perlu selamanya di bawah standar baku mutu tersebut.

 

AJINOMOTO INDONESIA terhitung berkomitmen untuk menurunkan volume limbah cair. Hariyono memastikan volumenya mengalami penurunan setiap tahunnya, lebih-lebih sehabis menerapkan WMI sejak 2017. “Butuh banyak langkah untuk memproduksi limbah cair menjadi air bersih, tapi inilah yang menjadi komitmen kita kepada penduduk sebagai perusahaan.

Kami selamanya mengikuti Ajinomoto Group Creating Shared Value’s (ASV), dan inisiatif untuk selesaikan masalah sosial dan menciptakan nilai ekonomi lewat kesibukan bisnis kami, dan akan melanjutkan inisiatif ini bersamaan bersama pertumbuhan bisnis perusahaan,” tegasnya.

 

Menurut Luckmi Purwandari berasal dari Direktur Pengendalian Pencemaran Air KLHK RI menjelaskan, terhadap prinsipnya, KLHK selamanya mendorong pelaku bisnis dan/atau kesibukan untuk konsisten tingkatkan kinerja pengendalian pencemaran air dalam upaya perbaikan mutu air di Indonesia.

Selain itu terhitung amat mengapresiasi pelaku bisnis dan/atau kesibukan yang jalankan upaya lebih berasal dari taat (beyond compliance) terhadap pemenuhan ketentuan lingkungan hidup lewat program PROPER yang setiap tahunnya memang selamanya dilaksanakan evaluasi.

 

“Diharapkan pelaku bisnis mampu sadar pelaksanaan ketentuan perundangan lingkungan hidup yang berlaku, lebih-lebih terkait pengelolaan air limbah industri.

Selain itu, dikehendaki pula agar pelaku bisnis dan industri mampu berbagi pengalaman dan pengetahuan untuk memecahkan masalah secara bersama-sama terkait rintangan yang dihadapi di lapangan,” jelasnya.

About Aname

Check Also

Biaya Sedot Wc Medan

Selamat berkunjung ke situs kami, kali ini kita akan membahas Jasa Sedot WC Medan Murah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *