Home / Bisnis / Peluang kerja di Bidang Agribisnis untuk Insinyur Pertanian

Peluang kerja di Bidang Agribisnis untuk Insinyur Pertanian

Bidang agribisnis adalah bidang yang berkembang yang menawarkan beragam peluang karir. Mereka yang tertarik dengan bidang ini memiliki berbagai macam pilihan karir yang menarik untuk dipilih, mulai dari penelitian dan pengembangan hingga penjualan dan pemasaran. Insinyur pertanian bisa menjadi profesi yang bermanfaat bagi anda untuk mengejar.

Anda dapat mencari peluang kerja di bidang teknik pertanian di jakarta melalui lowongan kerja jakarta Begawe. Selain lowongan kerja sebagai Insinyur Pertanian, Begawe memiliki banyak lowongan kerja terbuka lain yang bisa Anda lamar.

Insinyur Pertanian

Insinyur pertanian bertanggung jawab untuk menerapkan prinsip-prinsip teknik, kemajuan teknologi, dan pengetahuan ilmiah untuk produksi dan pengelolaan barang dan jasa pertanian. Mereka bertugas melakukan penelitian, merancang bahan pertanian baru, mengembangkan proses pertanian baru, dan meningkatkan sistem pertanian yang ada. Diperkirakan bahwa akan ada sedikit atau tidak ada perubahan, jika ada sama sekali, dalam jumlah orang yang dipekerjakan sebagai insinyur pertanian antara tahun 2021 dan 2031.

Karakteristik yang dibutuhkan untuk berkarir sebagai Insinyur Pertanian

Agar berhasil dalam peran mereka, insinyur pertanian harus memiliki beragam keterampilan dan kualitas. Teknik pertanian adalah bidang yang menantang. Keterampilan seperti analisis, komunikasi, matematika, dan kemampuan memecahkan masalah termasuk dalam kategori ini. Analisis persyaratan sistem yang kompleks, yang mungkin termasuk manusia, Tanaman, Hewan, Mesin dan peralatan, serta lingkungan sekitarnya, membutuhkan penerapan keterampilan analitis. Tidak mungkin untuk memahami persyaratan pelanggan, karyawan, dan siapa pun yang terlibat dalam suatu proyek tanpa kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif. Kalkulus, trigonometri, dan disiplin matematika tingkat lanjut lainnya memerlukan keterampilan matematika untuk menggunakannya untuk analisis, desain, dan pemecahan masalah. Memiliki keterampilan ini sangat penting. Keterampilan dalam pemecahan masalah juga penting bagi insinyur pertanian, karena tanggung jawab utama mereka adalah untuk mengatasi masalah yang muncul selama produksi pertanian.

Persyaratan Pendidikan

Individu yang tertarik untuk menjadi insinyur pertanian diharuskan untuk mendapatkan gelar sarjana di bidang teknik, seperti teknik pertanian atau biologi. Ini adalah persyaratan pendidikan minimum. Kursus matematika dan sains direkomendasikan untuk siswa di sekolah menengah yang tertarik untuk mengejar karir di bidang teknik pertanian, sedangkan Kalkulus, Fisika, Biologi, dan kimia adalah mata pelajaran khas yang dipelajari di tingkat perguruan tinggi. Tidak perlu memegang lisensi untuk mulai bekerja sebagai insinyur pertanian, tetapi dimungkinkan untuk mendapatkan lisensi teknik profesional (PE) di kemudian hari dalam karir seseorang. Namun, ini tidak diperlukan.

Peluang kerja untuk Insinyur Pertanian

Insinyur pertanian dapat mengejar berbagai karir, seperti di bidang Teknik Produksi Pertanian, Teknik Penelitian Pertanian, Teknik Biosistem, teknik konservasi, teknik peralatan pertanian, dan teknik penelitian pertanian. Insinyur Produksi Pertanian terlibat dalam perencanaan rute panen, rute transportasi, dan rute pengiriman untuk kendaraan, serta desain bangunan untuk staf dan fasilitas pengujian. Insinyur yang berspesialisasi dalam penelitian pertanian adalah orang-orang yang menghasilkan ide-ide inovatif untuk produk dan metode yang digunakan dalam produksi tanaman. Insinyur yang bekerja di biosystems merancang dan mengembangkan sistem yang digunakan untuk meningkatkan produktivitas dalam pembuatan, pengolahan, dan distribusi produk makanan. Insinyur yang mengkhususkan diri dalam pekerjaan konservasi untuk menemukan cara untuk mengurangi masalah lingkungan seperti erosi tanah dan kontaminasi air. Sementara insinyur peralatan pertanian fokus pada desain dan Pengembangan Mesin Pertanian, insinyur penelitian pertanian berusaha untuk meningkatkan kualitas produk pertanian secara keseluruhan.

Insinyur Pertanian memberikan kontribusi yang berharga kepada masyarakat dengan membantu dalam budidaya hasil yang lebih tinggi dan pelestarian sumber daya alam. Mereka yang tertarik untuk bekerja di industri agribisnis memiliki akses ke peluang kerja yang menarik jika mereka memiliki pendidikan dan pengalaman yang sesuai untuk profesi ini.

About Aname

Check Also

Contoh Industri Sektor Dasar dan Kimia

Industri manufaktur di Indonesia saat ini terlampau berkembang pesat, umpama perusahaan manufaktur yang terkenal adalah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *