Home / Uncategorized / Mesin EDC, Cara Kerja dan Tips Penggunaannya!

Mesin EDC, Cara Kerja dan Tips Penggunaannya!

Seiring bersama berkembangnya zaman, kemudahan dalam transaksi layanan bank termasuk makin lama canggih. Salah satu kemudahan berikut adalah munculnya mesin EDC (Electronic Data Capture) yang memudahkan Anda untuk melakukan transaksi tarik tunai di minimarket terdekat seperti indomart dan alfamart.

Hanya bersama berbelanja senilai Rp20.000,- dan melakukan pembayaran gunakan kartu debit, Anda sudah sanggup melakukan gesek tunai pada gerai minimarket terdekat.

Mesin EDC tidak cuma berfaedah sebagai alat gesek tunai, tapi Anda termasuk sanggup gunakan mesin EDC untuk transaksi pembayaran belanja, pembayaran cost tol, pembayaran cost tiket pesawat dan listrik, perihal berikut di paparkan dalam buku Bijak Ber-E-Banking yang diluncurkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Bagaimana sih komitmen kerja mesin EDC ini? Simak ulasan berikut ini berkenaan informasi lengkap mesin EDC berikut  rangkum berasal dari bermacam sumber Gestun Shopee Paylater .

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punyai solusinya!

Apa itu mesin EDC?

Electronic Data Capture atau disingkat EDC adalah sebuah alat penerima pembayaran yang sanggup menghubungkan antar rekening bank. Mesin ini sendiri diterbitkan oleh perbankan dan sanggup terkoneksikan bersama server perbankan. Pada umumnya EDC punyai wujud seperti telepon genggam model lama bersama layar yang kecil.

Secara umum mesin EDC menyediakan:

Komponen Graphical User Interface (GUI) untuk memasukkan data.
Komponen validasi untuk mengecek data.

Alat untuk pembuatan laporan untuk mendukung pemikiran berasal dari information yang sudah dikumpulkan.
Prinsip Kerja Mesin EDC

Dengan adanya EDC Anda akan terbantu dalam bertransaksi memakai kartu e-money/kartu kredit/kartu debit di toko. Mesin EDC ini umumnya berwujud besar (seringnya berwarna biru) bersama tombol dan kabel dan layar kecil yang terdapat di atas meja kasir di minimarket. Selain itu mesin EDC termasuk akan Anda temukan pada gerbang tol otomatis, penggunaannya memadai bersama menempelkan kartu pada tempat yang di sajikan selanjutnya secara otomatis gerbang tol akan terbuka.

Bagaimana cara gunakan mesin EDC ini? Berikut ini penjelasannya

 

Cara Mudah Menggunakan Mesin EDC

Cara gunakan mesin ini sangat mudah sebab menu ini sudah gunakan bahasa inggris yang mudah di mengerti. Selain itu pas pemasangan pihak teknisi termasuk menambahkan training atau menjelaskan bagaimana cara penggunaannya. Kunjungan rutin tiap tiap sebagian bulannya termasuk akan dikerjakan oleh pihak teknisi untuk pengecekan/maintenance.

Penggunaan mesin sanggup gunakan kartu debit/kartu kredit bersama cara digesek atau e-money bersama cara melekat kartu pada mesin EDC, seperti yang muncul pada pas membayar tol. Berikut mekanisme sistem gesek EDC :

Silahkan bawa kartu Anda ke kasir, dan Kasir akan memasukkan kuantitas duit yang dibayarkan
Kemudian kasir akan meminta Anda untuk memasukkan PIN pada mesin

Kartu digesek pada mesin, kecuali transaksi berhasil, akan muncul struk bukti transaksi berasal dari mesin itu
Kasir akan meminta Anda untuk sinyal tangan pada struk transaksi

Saat gesek berhasil saldo rekening langsung terpotong (untuk kartu debit) atau tagihan makin tambah (untuk kartu kredit)

Saat ini tak hanya teknologi kartu sudah gunakan chip (khususnya untuk kartu kredit) sehingga kartu Anda tidak digesek tapi dimasukkan dalam slot mesin EDC sehingga lebih safe berasal dari praktik pencurian information (skimming). Dalam praktiknya pas bertransaksi kadang muncul error, Anda tidak wajib panik dan menduga itu skimming. Pelajari error yang kadang muncul berikut ini

Beberapa Error yang Sering Muncul Saat Menggunakan Mesin EDC dan PenjelasannyaPLEASE TRY AGAIN > Error ini umumnya disebabkan oleh: Reversal, line telepon, sinyal berasal dari GPRS yang tidak bagus. Cara penanganannya relatif mudah, Anda tinggal restart saja mesin EDC bersama menekan FUNCTION 3 ENTER sesudah itu masukkan password, mesin akan mati dan akan hidup bersama sendirinya. Dan error pun akan hilang sehingga transaksi sanggup dilanjutkan.

LINE IDLE > Error ini terjadi sebab adanya macam macam penyebab seperti : line telepon mati atau suara yang kurang jernih, sanggup termasuk sebab ada reversal sebelumnya. Kemungkinan lain setingan pada PABX yang tidak sesuai.

Penanganannya mirip bersama error di atas yaitu restart bersama menekan tombol function 3 enter sesudah itu password 3636 enter sesudah itu mesin akan mati dan akan hidup bersama sendirinya sesudah cara ini dikerjakan ternyata tidak berhasil silahkan hubungi bank penerbit mesin EDC. Berarti bisa saja 3 segi di atas bukan penyebabnya.

REVERSAL > Error berarti tidak seluruh transaksi sukses, transaksi yang tidak berhasil disebabkan oleh bermacam macam segi sehingga perlu reversal. Untuk tahu adanya reversal sanggup dicermati bersama cara menekan function 1 dan enter. Setelah dilayar muncul tulisan reversal maka cara seterusnya adalah menghapusnya bersama cara menekan tobol function sesudah itu 99 enter dan tekan 99 kembali dan diikuti 3 angka no mesin di anggota akhir.

Nah, saat ini tahu kan error mendasar pemanfaatan EDC, sehingga tidak langsung sangsi pihak toko melakukan tindakan penyimpangan. Pada prakteknya, Mesin EDC sendiri yang ada dipasaran secara umum dibagi menjadi 3 model bersama karakteristik yang berbeda, berikut ini penjelasannya.

About Aname

Check Also

keripik singkong panjang

Ini Dia Keripik Singkong Panjang, Yuk Simak Cara Membuatnya!

Apa kamu penyuka keripik singkong? Atau justru kamu penggemar cemilan ini? Keripik singkong punya cita …

Leave a Reply

Your email address will not be published.