Home / Uncategorized / Koneksi, Pipa dan Instalasi Flow Meter

Koneksi, Pipa dan Instalasi Flow Meter

Saat melakukan pemasangan flow meter perlu dipertimbangkan bebarap aspek lokasi installasi flow meter seperti arah aliran hendaknya untuk fluida liquid hendaknya dihindar pemasangan flow meter posisi vertical dengan arah aliran turun/kebawah, size( ukuran diameter pipa )

Jenis bahan flow meter, jenis koneksi flow meter, adanya tekukan aliran, adanya valve, adanya getaran pada pipa, atau medan magnet yang terlalu besar, adanya jalur pipa lurus yang memadai untuk persyaratan pemasangan type flow meter tertentu serta perlu tidaknya kelas food grade.

Para Perencana dalam  menentukan  jenis flow meter seperti flow meter solar harus tahu apakah ada getaran yang terlalu besar atau adanya medan magnet atau mungkin di daerah tersebut, apakah tersedia tenaga listrik atau hanya mengandalkan mekanik atau pneumatik.

Jika kawasan ini diklasifikasikan untuk daerah yang mudah terbakar atau mudah meledakatau jika ada persyaratan khusus lain seperti peraturan yang sesuai dengann sanitary atau tempat yang harus bersih.

Langkah berikutnya adalah untuk menentukan rentang ukur yang dibutuhkan dengan mengidentifikasi arus minimum dan maksimum (massa atau volumetrik) yang akan diukur. Setelah itu, akurasi pengukuran aliran yang dibutuhkan ditentukan.

Biasanya akurasi ditentukan dalam persentase membaca yang sebenarnya (AR), dalam persentase rentang dikalibrasi (CS), atau dalam persentase unit skala penuh (FS). Persyaratan akurasi harus dinyatakan secara terpisah di flowrates minimal, normal, dan maksimum. Kecuali jika kita tahu persyaratan ini, kinerja flowmeter Anda mungkin tidak dapat diterima selama rentang penuh.

Flow meter dengan jenis yang mempunyai Bagian bergerak atau berputar akan mempunyai potensi sumber masalah, tidak hanya untuk alasan yang jelas keausan, pelumasan, dan kepekaan terhadap lapisan, tetapi juga karena bagian yang bergerak membutuhkan banyak ruang pemeriksaan bahwa kadang-kadang menimbulkan “selip” ke dalam aliran yang diukur.

Bahkan, dengan flow meter yang terawat dengan baik dan dikalibrasi, akan ada variasi flow yang tidak terukur akibat perubahan viskositas fluida dan suhu. Perubahan suhu juga mengubah dimensi internal meter dan sehingga dibutuhkan konpensasi.

Selanjutnya, jika seseorang bisa mendapatkan kinerja yang sama dari kedua flowmeter penuh dan sensor titik, umumnya disarankan untuk menggunakan jenis flow meter  tersebut.

Karena sensor titik tidak melihat aliran penuh, mereka membaca secara akurat hanya jika mereka dimasukkan ke kedalaman di mana kecepatan aliran rata-rata dari profil kecepatan di seluruh pipa. Bahkan jika titik ini adalah sangat menentukan/penting pada saat kalibrasi, bukan tidak mungkin untuk tetap tidak berubah, karena profil kecepatan berubah dengan laju aliran, viskositas, suhu, dan faktor lainnya.

Mengingat pertimbangan-pertimbangan ini, flowmeters massa, yang sensitif terhadap densitas, tekanan dan variasi viskositas dan tidak terpengaruh oleh perubahan bilangan Reynolds, harus disimpan dalam perencanaan. Juga sedikit sekali dimanfaatkan dalam industri kimia adalah berbagai flumes yang dapat mengukur aliran dalam pipa yang tidak penuh dan dapat melewati padatan yang mengambang atau settleable besar.

Dari pertimbangan tersebut dan sesuai dengan fungsi dan kondisi aplikasi lapangan maka kita diharapkan lebih tepat dalam memilih jenis flow meter yang akan kita pasang. Jenis flow meter apa yang kita butuhkan???

Apakah kita membutuhkan ultrasonic flow meter, clamp on flow meter, portable flow meter, magnetic flow meter, insertion flow meter, vortex flow meter  atau coriolis flow meter atau model lainnya, sehingga kita tidak salah mengeluarkan biaya investasi ( flow meter baru) dan baiya operasional ( mainenance cost).

Demikian artikel “Pertimbangan Dalam Memilih Jenis Flow Meter” semoga dapat menjawab semua pertanyaan para pembaca yang ingin membeli flow meter tetapi belum menyesuaikan dengan kebutuhan sesuai dengan Industrinya.

About Aname

Check Also

Harga Sedot Wc di Medan

Selamat berkunjung ke situs kami, kali ini kita akan membahas Jasa Sedot WC Medan Murah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *