Home / Uncategorized / Ini Dia Keripik Singkong Panjang, Yuk Simak Cara Membuatnya!

Ini Dia Keripik Singkong Panjang, Yuk Simak Cara Membuatnya!

Apa kamu penyuka keripik singkong? Atau justru kamu penggemar cemilan ini? Keripik singkong punya cita rasa yang membuat kita tidak bisa berhenti memakannya. Tak heran jika keripik ini laris manis di pasar ataupun toko-toko. Semakin berjalannya waktu keripik ini juga semakin bervareasi, contohnya keripik singkong panjang. Kini bentuknya pun juga ikut berkembang. Untuk itu ayo cari tahu tentang keripik singkong ini dengan menyimak penjelasan di bawah ini

Bentuk-Bentuk Potongan Singkong

keripik singkong panjang

 

Sebelum kamu memotong singkong untuk keripik kamu harus mengupas kulit singkong terlebih dahulu dengan benar. Kamu baru bisa menggolah daging dari singkong atau ubi kayu setelah mengupas kulitnya. Kamu perlu tahu ketika akan membuat suatu olahan dari singkong potongan daging singkong berbeda bentuk antara satu dengan yang lainnya.

Cara memotong singkong sendiri bisa dikatakan tidak telalu sulit. Kamu hanya perlu tahu jenis dan bentuk potongan seperti apa yang ingin kamu gunakan untuk produkmu nanti. Ada beberapa jenis potongan singkong yang bisa kamu coba, antara lain :

1. Memanjang

Potongan ubi kayu yang satu ini lumayan sering kita temukan walau tak sebanyak potongan yang bulat-bulat. Untuk mendapatkan potongan singkong memanjang dan dengan ketebalan yang merata secara keseluruhan, kamu bisa memotong singkong menjadi dua bagian dengan bentuk memanjang dan letakkan sisi ratanya di atas talenan atau alas lainnya.

Setelah itu iris tipis-tipis dengan bentuk memanjang dan gepeng. Jika pisau terlalu sulit digunakan pakailah bantuan mesin pemotong singkong supaya tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga.

2. Dadu

Potongan dadu ini cocok diolah untuk menjadi singkong dengan bumbu bubuk. Untuk memperoleh hasil yang pas dan sempurna, kamu dapat mengiris singkong dengan bentuk memanjang terlebih dahulu(namun jangan terlalu tipis), iris lagi menjadi potongan yang seragam dan potong tipis membentuk bentuk dadu yang sama besarnya.

3. Bulat

Potongan singkong (ubi kayu) yang berbentuk bulat-bulat tipis ini sangat pas dan banyak ditemui di olahan yang menjadi keripik yang renyah. Untuk memperoleh potongan bulat ini, kalian perlu menyiapkan pisau yang tajam (bisa pisau jenis apapun asalkan tajam) dan iris tipis bagian daging ubi kayu.

Namun, dizaman sekaran memotong singkong menggunakan pisau dianggap terlalu merepotkan dan memakan waktu lebih banyak. Kamu dapat menggunakan beberapa peralatan yang sudah ada seperti alat pemotong atau mesin pemotong singkong.

Keripik Singkong Panjang

Seperti yang kita tahu kebanyakan dari keripik singkong yang ada di pasar atau toko berbentuk bulat. Namun kini keripik singkong panjang juga sudah mulai muncul di pasaran.

Bentuk panjang ini dinilai bagus dan sebagai bentuk inovasi para produsen keripik singkong. Daripada kita hanya membahas bentuk keripik ini yuk simak cara membuta keripik singkong panjang yang bisa kamu coba berikut ini :

Keripik Singkong Panjang Balado

Bahan-bahan :
  • bahan utama
  • 3 kg keripik singkong berbentuk panjang yang sudah diolah
  • Atau bisa juga singkong yang belum diolah
  • 1 L minyak sayur
  • bumbu sambal balado
  • 200 gr gula merah (cari yang bewarna kuning)
  • 120 gr gula pasir
  • 7 siung bawang putih
  • 50 gr asam jawa larutkan dahulu dengan 50ml air panas kemudian saring
  • asam jawa jika tidak ada cuka juga bagus.
  • 50 ml air bersih
  • 400 gr cabe merah
  • 8 buah cabe rawit besar
  • 2 sdm minyak goreng
  • 1 sdt garam
Cara Membuat :
  1. Awal mulai, goreng kripik setengah kecoklatan dengan menggunakan api sedang
  2. Lalu siapkan bumbu yang diperlukan (sudah disebutkan di atas). Dan potonglah cabe menjadi 2 bagian supaya tidak terlalu panjang ketika nanti di blender. Selanjutnya panaskan air di dalam panci untuk merebus cabe
  3. Rebuslah cabe tersebut jika air sudah mendidih. Dan apabila tekstur cabe yang direbus sudah mulai lembut angkat dan ditiriskan agar air cabe turun.
  4. Setelah itu haluskan cabe yang sudah direbus dengan blender. Tekstur nya bisa sesuai selera kebetulan ini dibuat sampai halus supaya mirip dengan keripik balado asli padang
  5. Panaskan 2 sdm minyak goreng. Masukkan kedalamnya bawang putih giling, tumis sampai halus dan masukkan cabe giling yang tadi sambil tambahkan 1 sdt garam.
  6. Kemudian tambahkan 50ml air asam jawa yang sudah disaring, 50ml air putih, dan masukkan juga gula pasir, serta gula merah.
  7. Di aduk hingga semua bahan tadi tercampur rata. Kecilkan api kompor sampai air nya menyusut (biasanya hal ini ditandai dengan gelembung-gelembung yang semakin sedikit dipermukaan). Pada proses ini harus sering diaduk supaya bumbu masak tidak gosong ataupun kurang tercampur.
  8. Jika bumbu sudah mengental, opsional bagi yang suka daun jeruk boleh ditambahin daun jeruk goreng. Aduk rata dan matikan kompor nya. Masukkan keripik singkong panjang yang sudah digoreng tadi dan diaduk sampai rata.
  9. Proses pengadukkan harus cepat dan hati-hati. Hal ini karena keripik akan cepat patah jika terlalu kuat di tekan. Dan pencampuran bumbu dengan keripik wajib ketika kondisi bumbu masih panas supaya tidak menggumpal.
  10. Dinginkan keripik,dengan memasukkan ke dalam toples.
  11. Sajikan

About Aname

Check Also

cara memulai usaha kue

Cara Memulai Usaha Kue Rumahan

Bisnis kue rumahan memiliki prospek yang cukup bagus dan bisa mertahan dengan baik di tengah …

Leave a Reply

Your email address will not be published.