Home / Uncategorized / Guiding Block Untuk Penyandang Disabilitas

Guiding Block Untuk Penyandang Disabilitas

Guiding Block – Sekarang ini sangat penting sekali untuk memperhatikan keamanan dan kenyaman dalam menjalani aktifitas sehari-hari, ini pastinya tidak lepas dengan aktifitas kita di jalan atau ke suatu tempat seperti perkantoran untuk mengurus suatu urusan, ke taman, dan tempat lainnya.

Untuk kita yang diberikan fisik yang sempurna mungkin tidak ada masalah untuk menuju tempat tujuan, berbeda dengan halnya mereka yang memiliki kekurangan seperti penyandang disabilitas khususnya tunanetra.

Perlunya petunjuk untuk memandu arah jalan bagi mereka supaya tetap berjalan di area yang aman. Maka diperlukan guiding block untuk memandu jalur bagi penyandang disabilitas khususnya Tunanetra.

Guiding block sendiri biasanya dibuat dengan bahan Teraso dan ada juga yang terbuat dari logam aluminium. Guiding block dibuat menjadi 2 jenis pola yang berbeda yang masing-masing memiliki makna yang berbeda pula.

Guiding Block Untuk Penyandang Disabilitas

Guiding block dengan pola titik-titik bulat atau bulatan-bulatan yang tidak terlalu besar ini bermakna tanda untuk berhenti. Kemudian pola garis bermakna untuk terus berjalan. Keduanya haruslah dipasang di tempat yang tepat.

Dengan adanya guiding block ini pastinya sangat membantu bagi penyandang tunanetra untuk kapan waktunya untuk berhenti maupun waktu untuk terus berjalan. Dengan begitu pun akan membuat lebih aman dan nyaman bagi semua orang.

Guiding block ini biasanya dipasang pada tempat-tempat fasilitas umum misalnya saja seperti Stasiun, terminal, Bank,Taman kota, pengadilan, trotoar, Mall, dan lain sebagainya.

Guiding block untuk membantu memandu kaum disabilitas ini biasanya dipasang secara memanjang dan berjejer rapi menurut jalan. Lokasi yang wajib dipasangi guiding block ini antara lain jalur menuju tangga, jalur lalu lintas kendaraan, area depan pintu masuk ataupun pintu keluar, jalur umum seperti trotoar, jalur yang menghubungkan antara bangunan dan jalan, dan lain sebagainya yang sekiranya perlu dipasang guiding block jalur pamandu disabilitas.

Selain dipasang pada area yang ada di luar ruangan, guiding block ini biasanya juga dipasang pada area gedung bangunan, misalnya saja seperti perkantoran, pusat perbelanjaan, pengadilan, perpustakaan, dan lain sebagainya, demi keamanan dan kemudahan bagi penyandang disabilitas untuk bepergian dan beraktifitas.

About alabar

Check Also

Persyaratan untuk Membuat Kursus Online

Apa saja yang dibutuhkan dalam membuat kursus online? Sebelum kita mulai, Kamu harus mengetahui persyaratan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *