Home / Uncategorized / Fungsi Laporan Keuangan

Fungsi Laporan Keuangan

Pada dasarnya, laporan keuangan adalah dokumen resmi yang merefleksikan suasana finansial sebuah entitas terhadap suatu periode tertentu.

Dalam konteks ini, laporan keuangan merupakan kumpulan dari berbagai type laporan finansial yang menjadi penanda esensial untuk mengukur kesegaran finansial sebuah perusahaan.

Pada artikel ini, mari kita pelajari dengan tentang berbagai type laporan keuangan yang kebanyakan disiapkan oleh perusahaan.

Apa itu Laporan Keuangan?

Laporan keuangan adalah dokumen resmi yang menggambarkan suasana finansial suatu entitas ekonomi terhadap suatu periode pas tertentu.

Laporan keuangan dirancang untuk mengimbuhkan uraian yang sadar dan akurat tentang aset, kewajiban, ekuitas, pendapatan, biaya, dan hasil operasi perusahaan JASA LAPORAN KEUANGAN.

Dokumen ini mencakup Info keuangan yang amat penting dan bermanfaat bagi berbagai pihak, terhitung pemilik perusahaan, investor, kreditor, regulator, dan pemangku keperluan lainnya.

Penjelasan lebih lanjut tentang uraian lazim laporan keuangan bisa anda pelajari terhadap artikel ini “Laporan Keuangan: Pengertian, Jenis, dan, Tujuannya Untuk Bisnis Anda”

 

Fungsi Laporan Keuangan

Laporan keuangan punyai lebih dari satu fungsi, terhitung mengimbuhkan Info kepada pemangku keperluan supaya mereka dapat:

 

1. Mengukur Kinerja Keuangan:
Laporan keuangan terlalu mungkin pemangku keperluan untuk menilai seberapa baik perusahaan telah beroperasi dan apakah perusahaan tersebut menghasilkan laba atau mengalami kerugian.

 

2. Mengambil Keputusan Investasi:
Investor bisa mengfungsikan laporan keuangan untuk mengevaluasi potensi investasi didalam perusahaan.

 

3. Memberikan Informasi Pembiayaan:
Kreditor, layaknya bank atau pemberi pinjaman, bisa mengfungsikan laporan keuangan untuk menilai kemampuan perusahaan didalam membayar hutang.

 

4. Melakukan Analisis dan Perencanaan Keuangan:
Manajemen perusahaan bisa mengfungsikan laporan keuangan untuk menganalisis kinerja masa lalu, merencanakan kiat keuangan masa depan, dan menyita ketentuan operasional yang lebih baik.

Laporan keuangan perlu disiapkan dengan detil cocok dengan standar akuntansi yang berlaku dan komitmen yang benar supaya bisa diandalkan dan relevan bagi pemangku kepentingan.

Kesesuaian dan integritas laporan keuangan amat penting untuk menjaga transparansi dan keyakinan didalam dunia bisnis.

Untuk itu seringkali pembuatan laporan keuangan diserahkan terhadap akuntan yang telah ahli, namun hal itu dapat memakan biaya besar.

Solusinya adalah dengan mengfungsikan Software Akuntansi Accurate Online yang telah mengikuti standar dan komitmen yang berlaku dan juga ringan untuk digunakan.

About Aname

Check Also

Hal yang Harus Ada didalam Peraturan Perusahaan

Setiap perusahaan yang berdiri secara formal dan berikan sarana profesional pasti memiliki peraturan. Adanya ketetapan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *