Home / Uncategorized / Cara Memulai Usaha Kue Rumahan

Cara Memulai Usaha Kue Rumahan

Bisnis kue rumahan memiliki prospek yang cukup bagus dan bisa mertahan dengan baik di tengah banyaknya usaha kuliner kekinian yang sedang merajalela. Bisnis ini cukup menjanjikan dan dapat menberikan banyak keuntungan walau hanya di mulai dengan modal kecil.

Berikut ini adalah cara cara untuk memulai usaha kue rumahan yang cukup menjanjikan dan dapat memberikan penghasilan tambahan untuk anda

Cara Memulai Usaha Kue

1. Merencanakan Dengan Matang

Sebelum memulai binis kue rumahan anda harus mempunyai sebuah perencanaan yang matang.

Ada beberapa hal yang anda harus pertimbangkan dalam perencanaan seperti tempat usaha, modal, jenis kue yang akan di jual, serta target pasar.

Perencanaan sangat di perlukan agar bisnis anda dapat berjalan dengan baik. Tanpa adanya perencanaan mungkin bisnis yang anda kelola akan memounyai banyak kendala.

2. Menentukan Jenis Kue

Yang perlu anda perhatikan selanjutnya adalah menentukan jenis kue yang akan di jual, anda akan menjual kue kering, kue basah, atau kue tradisional.

Agar memudahkan anda mengetahui minat konsumen anda dapat survei secara langsung. Tujuan dari survei ini adalah menyesuaikan produk dengan selera konsumen agar peminat dari produk anda lebih banyak.

3. Belajar Dari Pesaing

Pesaing dari bisnis anda pun dapat di jadikan sebagai bahan pembelajaran. Seperti pengalaman bisnis dari pesaing yang  anda dapat jadikan pembelajaran dalam berbisnis.

Anda juga dapat mengamati cara pesaing anda dalam menjual produknya. Atau anda dapat mencari tahu apa yang di sukai dan tidak di sukai oleh konsumen dari pesaing anda.

4. Menetapkan Harga

Harga produk anda harus di hitung dari modal yang anda keluarkan. Oleh sebab itu  penting untuk anda mencatat modal yang anda keluarkan untuk bisnis tersebut.

Jangan sampai menjual kue terlalu murah atau malah lebih rendah dari modal yang anda kelurkan, sebab hal ini dapat membuat anda rugi.

Tetapi jangan juga menjual produk terlalu mahal, sebab para konsumen enggan untuk membeli produk yang harganya mahal.

Ya itu tadi ide dan tips untuk memulai bisnis usaha kue rumahan yang laris dan menjanjikan tanpa perlu modal yang besar

5. Memahami Pangsa Pasar

Kesuksesan usaha kue rumahan tidak akan datang jika tanpa di irirngi dengan usaha. Salah satu usaha yang dapat anda lakukan dalah dengan memahami pangsa pasar.

Bagaimana cara untuk memehami pangsa pasar jika anda belum terjun pada bisnis ini? Gunakan pengalaman pesaing anda sebagai bahan pembelajaran.

Seperti yang sudah di bahas sebelumnya, anda sebaiknya belajar dari pesaing anda. Pelejari bagaimana cara pesaing anda bisa memasuki pasar, jenis jenis produk kue apa saja yang di jualnya, bagaimana kualitas kuenya dan berapa harga jualnya.

Jadikan hal tersebut sebagai informasi dasar untuk memasok kue ke pasaran. Dengan strategi yang tepat, kemungkinann anda mengalami kerugian akan lebish kecil.

6. Menentukan Lokasi

Lokasi adalah salah satu hal yang perlu di perhatikan oleh anda dalam memulai usaha bisnis kue ini. Ada beberapa pilihan lokasi yang dapat anda jadikan sebagai tempat berjualan, seperti pasar tradisional, ruko di pinggir jalan, mall, dan lain lain.

Masing masing lokasi memiliki keuntungannya masing masing. Biaya yang akan anda keluarkan pun pastinya juga berbeda untuk setiap lokasi yang anda pilih.

Harga sewa di ruko pastinya lebih mahal jika di bandingkan dengan menyewa lapak yang ada di pasar tradisional.

Perhatikan juga kue yang anda jual apakah cocok dengan lokasi yang anda pilih. Seperti contohnya kue basah akan lebih cocok jika di jual di pasar tradisional.

Anda juga perlu memperhatikan apakah ada pesaing di sekitar lokasi anda. Keberadaan pesaing tentunya akan berpengaruh pada perkembangan usaha kue anda.

7. Kreatif Dan Inovatif

Bisnis makanan ringan termasuk jenis usaha yang cukup tua. Anda perlu melakukan kreasi dan inovasi agar tetap bertahan dan berkembang dalam bisnis kue rumahan.

Salah satu contoh kreativitas dalam bisnis kue rumahan yaitu menciptakan rasa dan bentuk baru. Dengan begitu, konsumen akan merasa lebih tertarik dengan produk Anda.

Inovasi dan kreasi diperlukan untuk menciptakan produk yang unik dan berbeda dari pesaing. Umumnya, inovasi bentuk dan rasa lebih mudah dilakukan pada jenis kue kering dibandingkan dengan kue basah.

8. Membuat Brand

Brand sangatlah penting dalam sebuah bisnis kuliner. Masyarakat akan mengenal ciri khas dari produk anda melalui brand atau merek yang anda berikan. Tanpa adanya keberadaan brand, kinsumen akan sangat sulit untuk mengenal prduk yang anda buat.

Merek juga akan membuat usaha yang anada jalankan terkesan lebih serius dan juga profesional. Promosinya juga pasti akan lebih mudah di lakukan jika anda memiliki brand sendiri.

Baca juga: Peralatan Kue Yang Di Butuhkan Untuk Memulai Bisnis

About Aname

Check Also

Urutan yang benar untuk mengoleskan krm pada tubuh

Kabut pelembab Perawatan Wajah Pria – Meskipun penggunaan produk ini opsional, memang benar bahwa semakin …

Leave a Reply

Your email address will not be published.