Home / Bisnis / Berikut Ini Cara Membuat Kemasan Kopi Bubuk

Berikut Ini Cara Membuat Kemasan Kopi Bubuk

Cara membuat kemasan kopi bubuk sering kali menjadi suatu tantangan bagi para pebisnis kopi. Karena kemasan dapat mempengaruhi cita rasa kopi, bahkan dengan pemilihan kemasan yang salah pun dapat menghilangkan cita rasa dari kopi yang kamu punya. Jadi dalam pemilihan kemasan para pebisnis kopi harus benar benar cermat.

Apalagi pemilihan bahan kemasan dan metode pengemasan lah yang dapat menentukan kualitas dari biji atau bubuk kopi itu. Dengan begitu pebisnis kopi harus mengetahui bagaimana cara memilih bahan dan metode pengemasannya.

Di bawah ini termuat cara membuat kemasan kopi bubuk, yang dapat kamu simak.

Kopi Bubuk

kopi bubuk

Kopi bubuk adalah biji kopi yang sudah diproses, disangrai dan digiling halus dalam bentuk butiran-butiran kecil sehingga mudah diseduh dengan air panas dan bisa dikonsumsi.

Syarat Kemasan Kopi Bubuk

Semua kemasan produk tentu memiliki syarat dan jenis kemasan supaya kemasan tersebut dapat menjaga kualitas dari produk yang kamu jual. Berikut akan kita bahas mengenai syarat dan ketentuan jenis kemasan yang baik untuk kopi bubuk, diantaranya :

1. Mampu Menjaga Aroma Kopi

Kemasan yang baik itu kemasan yang dapat menjaga aroma kopi supaya dapat tetap segar. Maka dari itu diperlukan kemasan dengan jenis bahan yang dapat menghalangi permeasi molekul.

Pada umumnya kaleng atau bahan laminasi lainnya dapat digunakan untuk menyimpan kopi karena dinilai dapat mempertahankan umur simpan dengan baik. Namun kemasan dengan bahan laminasi tersebut susah untuk didaur ulang.

2. Dapat Mengeluarkan Gas

Umumnya struktur kopi yang berpori dapat menahan gas selama proses sangrai. Namun seiring berjalannya waktu gas tersebut akan keluar. Dengan komponen gas yang di dominasi oleh karbon dioksida.

Maka dari itu, jika kamu mengemas kopi yang baru disangrai dengan jenis kemasan yang impermeable terhadap gas karbondioksida kemasan tersebut akan mengemembang dan rusak. Namun ada 4 cara yang dapat ditempuh pebisnis kopi besar untuk mengeluarkan gas tersebut, yaitu :

  1. Membiarkan biji kopi mengeluarkan gas (degas) secara alami. Lama keluarnya gas ini bervariasi, mulai dari hitungan jam hingga beberapa hari. Namun, sebagian besar akan keluar dari biji selama beberapa hari.
  2. Mengemas kopi dengan kemasan pada tekanan tertentu. Dengan jenis kemasan tersebut prosesnya akan lebih cepat.
  3. Mengemas kopi dengan kemasan yang memungkinkan gas dapat keluar secara bebas. Namun kemungkinan lainnya aroma kopi akan ikut terbawa dengan gas.
  4. Mengemas kopi dengan kemasan yang dapat mengeluarkan gas tapi tidak mengijinkan udara masuk ke dalam kemasan. Jenis kemasan ini dapat melindungi aroma kopi dari kerusakan karena pengaruh udara.

3. Dapat Melindungi Kopi dari Oksigen

Oksigen merupakan zat yang dihindari oleh kebanyakan produk karena oksigen berkontribusi pada terjadinya reaksi oksidasi. Maka, jika oksigen bertemu dengan minyak/lemak, reaksi oksidasi tersebut dapat terjadi dan minyak menjadi tengik.

Kopi mengandung minyak sehingga perlu diproteksi dari pengaruh oksigen. Selain minyak, ada molekul lain juga yang dapat bereaksi dengan oksigen. Secara umum, reaksi oksidasi ini dapat menurunkan kualitas kopi secara cepat.

4. Pengaruh Kelembaban dan Suhu

Faktor kelembaban dan suhu juga dapat mempengaruhi kualitas kopi. Maka kelembaban (air) harus dijauhkan saat pengemasan kopi. Sedangkan suhu yang lebih rendah (bukan suhu beku) pada penyimpanan dapat membuat kualitas kopi tetap terjaga.

Tujuan Pengemasan Kopi Bubuk

tujuan kemasan kopi bubuk

Sebagai pebisnis kopi, kamu perlu memperhatikan kualitas kopi dalam pengemasan. Berikut beberapa alasan mengapa kamu perlu membuat kemasan kopi dengan baik.

Alasan atau tujuan pengemasan ini ada disetiap pengemasan kopi bubuk, seperti mengemas kopi starbuck, mengemas kopi cap bintang, dan lain lain. Berikut ini merupakan tujuannya :

1. Melindungi Kopi dari Kerusakan

Kopi bubuk merupakan jenis produk yang mudah rusak. Kerusakan tersebut dapat disebabkan oleh kelembaban air yang tinggi, oksigen (udara) atau juga suhu tinggi. Maka dari itu kemasan yang baik seharusnya dapat melindungi produk yang disebabkan dari faktor lingkungan tersebut.

2. Memudahkan Penyimpanan dan Distribusi

Kopi dalam kemasan akan lebih mudah disimpan dan distribusikan. Selain itu, selama proses distribusi, kopi pun tidak akan berceceran. Manfaat lain dari kemasan yaitu dapat mempermudah proses perhitungan jumlah produk. Jadi resiko produk hilang, rusak, tercecer, dapat diketahui dengan mudah.

3. Menjadi Ciri Khas Kopi

Kemasan produk ibarat baju bagi manusia. Kamu bisa menciptakan desain kemasan sehingga produkmu dapat dibedakan dengan produk lain secara lebih mudah oleh konsumen.

Desain kemasan kopi juga dapat dijadikan sebagai sarana branding. Kamu bisa mengirimkan pesan kepada customer melalui label kemasan, logo atau warna kemasan. Jika kemasan kamu unik dan menarik maka konsumen akan dengan mudah mengenali produk kopimu.

Jenis Kemasan Kopi Bubuk

Setelah tadi telah membahas mengenai syarat dan tujuan kemasan kopi bubuk, sekarang kita akan membahas mengenai jenis kemasan kopi bubuk yang paling umum, seperti berikut ini :

1. Kemasan Gusset

Jenis kemasan ini terbuat dari bahan aluminium foil, yang umumnya memiliki ketebalan 90 micron. Dengan ketebalan tersebut kemasan ini dapat menjaga kopi bubuk dari paparan sinar matahari dan juga udara dari luar. Sehingga aroma khas kopi masih akan tetap terjaga.

Kemasan ini memiliki sisi yang berbeda, ada yang dua sisinya tertutup ada pula yang satu sisinya terbuka dibagian atas. Didalam kemasan ini juga disertakan klip atau zipper yang berfungsi sebagai segel.

Sekarang untuk menyegel dapat lebih cepat dan mudah karena menggunakan continuous sealer atau mesin hand sealer yang dapat kamu beli di Rumah Mesin. Perusahaan yang menyediakan berbagai mesin untuk membantu industri. Seperti mesin perontok padi, vacuum sealer, dan yang lainnya.

2. Kemasan Kopi Karung Goni

Sekarang jenis kemasan ini sudah mulai diaplikasikan untuk packaging berbagai macam produk, termasuk kopi bubuk. Dengan menggunakan kemasan ini selain unik juga menjadi salah satu bentuk kepedulian terhadap lingkungan.

3. Kemasan Standing Pouch One Way Valve

Jenis kemasan ini juga menggunakan bahan aluminium foil, yang umumnya memiliki ketebalan 125 mikron, dilengkapi juga dengan katup satu arah(bahan nylon). Jadi sangat cocok untuk kemasan kopi bubuk, karena dapat tahan terhadap paparan sinar matahari.

4. Kemasan Vacuum

Jenis kemasan kopi bubuk yang kedap udara ini dapat menjaga kondisi kopi agar tetap awet, karena oksigen juga bisa menyebabkan kopi cepat basi. Namun kemasan ini kurang disarankan untuk kopi bubuk karena dapat membuat kopi tersedot oleh mesin.

Cara Memilih Kemasan Kopi Bubuk

cara memilih kopi bubuk

Kemasan merupakan hal yang sangat penting bagi kelangsungan produk saat dipasarkan. Kamu dapat memilih kemasan yang tepat untuk produk kopimu. Karena jika salah memilih kemasan bisa saja produk yang sudah susah payah dibuat akan cepat kadaluarsa sebelum waktunya.

Berikut terdapat cara memilih kemasan yang bisa kamu terapkan pula untuk produk kopi mu.

1. Sesuaikan Ukuran Produk dengan Kemasan

Sebelum melakukan pengemasan alangkah baiknya kamu menyesuaikan ukuran produk kopimu dengan kemasan. Usahakan masih terdapat ruang kosong pada kemasan, untuk menghindari kerusakan kemasan akibat kepenuhan.

2. Pilih Jenis Kemasan Sesuai Kebutuhan

Kemasan yang tepat harus memperhatikan jenis kemasan dengan kebutuhan. Hal ini bisa disesuaikan dengan produkmu membutuhkan jenis kemasan transparan, kombinasi, atau full foil.

3. Fitur yang Tepat

Kemasan memiliki tiga fitur yang dapat kamu pilih, yaitu :

  • Fitur Vacuum, biasa digunakan untuk meningkatkan daya tahan atau lama kadaluarsa suatu produk. Namun ini tidak disaranka untuk kopi bubuk, karena nantinya bubuk kopi akan ikut terhirup oleh mesin vacuum
  • Fitur Zipper, mampu melindungi produk dari sinar matahari dan oksigen.
  • Fitur Valve, berperan mengeluarkan gas dari dalam kemasan, namun udara luar tidak dapat maasuk kedalam kemasan.

4. Tentukan Material Kemasan

Dalam memilih kemasan kopi, para pebisnis dapat memilihnya dengan memperhatikan material. Karena nantinya itu dapat mempengaruhi kualitas kopi. Kamu dapat memilih material kemasan seperti apa yang ada pada bahan kemasan kopi bubuk diatas.

Penutup

Itulah tadi merupakan pembahasan mengenai cara membuat kemasan kopi bubuk yang dapat kamu jadikan panduan. Semoga bermanfaat dan salam pebisnis!!!

About Aname

Check Also

Mendapatkan Duit Melalui Aplikasi TikTok

Cara menghasilkan uang dari TikTok. TikTok merupakan salah satu media yang sangat populer, penggunanya terus …

Leave a Reply

Your email address will not be published.