Home / Uncategorized / Mau Tahu? Cara Membikin Permen Gulali Sendiri

Mau Tahu? Cara Membikin Permen Gulali Sendiri

Hai teman-teman, kali ini saya akan memberikan cara membikin permen gulali sendiri dan beberapa pembahasan tentang gulali.

 

Mari Mengenal Gulali

Cara membikin permen gulali

Gulali merupakan penganan tradisional yang namanya masih terus terkenang dan jadi sebuah pilihan beberapa kalangan. Memiliki cita rasa manis dengan berbagai bentuk yang menarik perhatian. Tidak hanya itu, pembuatannya juga dari bahan alami.

Jajanan ini pertama kali dipopulerkan oleh William Morrison dan Jhon C Warton pada tahun 1904 di pameran St. Louis World’s Fair. Kemudian, Jenderal Belanda membawanya ke Indonesia dan penduduk sekitar begitu menyukainya.

Dalam prosesnya, jajanan yang terkenal pada tahun 1900 an mempunyai beberapa jenis. Di mana hampir semuanya dijual di pedagang kaki lima sampai sekarang.

 

Sejarah Gulali

Cara membikin permen gulali

Ternyata gulali punya sejarah panjang loh dimana sudah dikenal oleh bangsa Italia sejak sekitar abad ke-15. Waktu itu seorang koki membuatnya dengan menambahkan caramelize gula murni lalu menggunakan garpu untuk meneteskan sirup di atas gagang sapu.

Dengan suhu permen yang hangat dan lentur, mereka bisa mengambil untaian dengan baik dan mengatur permen kapas ke dalam berbagai bentuk. Lalu pada abad ke-19, ada 2 orang yang diidentifikasi sebagai penemu permen kapas, yaitu William Morrison dan John C. Wharton.

William J. Morrison adalah seorang dokter gigi dari Nashville dimana dia juga seorang pengacara, penulis buku anak-anak, pembuat lemak babi palsu dari biji kapas, pembuat perangkat kimia untuk membersihkan air minum dan pemimpin dalam kegiatan politik.

Lalu bersama dengan John C. Wharton yang merupakan pembuat permen lokal dari Tennessee, di tahun 1897 mereka bekerja sama menciptakan sebuah mesin listrik peleleh gula pasir yang menggunakan gaya sentrifugal untuk mendorong penciptaan kapas-kapas gula. Mesin ini kemudian dipatenkan pada tahun 1899 dan menjadi mesin permen kapas pertama di dunia.

Selanjutnya keduanya memperkenalkan permen kapas pertama kali di St. Louis World Fair – Amerika Serikat pada tahun 1904 dengan nama “Fairy Floss” (benang peri) dan sukses besar.  Mereka berhasil menjual 68.655 kotak dengan harga yang cukup mahal saat itu, yaitu AS$0,25, atau setengah dari harga tiket masuk ke ajang pameran tersebut.

Sejak saat itu permen kapas menjadi populer pada masanya hingga kini dan sering dijajakan di setiap acara karnival, festival, sirkus, dan acara ramai lainnya.

Jangan lupa untuk membaca artikel tentang cara membuat permen gulali jadul juga ya.

 

Cara Membikin Permen Gulali

Cara membikin permen gulali

Resep gulali jadul kali ini cocok sekali untuk Anda yang ingin mengenang masa kecil. Selain mudah untuk membuatnya, bahan-bahannya pun dapat Anda temukan di dapur rumah. Tidak sabar mengetahui resepnya? Langsung saja, yuk, simakdi bawah ini!

Bahan-bahan :

  • 13 sdm gula pasir
  • 20 sdm air
  • 1/2 – 1 buah jeruk nipis
  • Pewarna makanan (opsional)
  • Minuman bersoda atau meses
  • 1 tusuk sate atau sumpit

Langkah-langkah Membuat Permen Gulali :

  1. Siapkan bahan-bahan yang akan dibutuhkan. Pastikan bahan-bahannya sudah sesuai dengan yang tertera. Kemudian siapkan pan anti lengket, masukkan 13 sdm gula pasir ke dalamnya. Jika sudah, masukkan 20 sdm air dan biarkan air membasahi seluruh permukaan gula terlebih dahulu.
  2. Setelah itu, nyalakan kompor dan masak gula menggunakan api sedang. Aduk-aduk gula agar tidak ada bagian yang gosong. Disela-sela mengaduk, berikan air perasan jeruk nipis ke dalamnya. Lalu, berikan pewarna makanan secukupnya. Kemudian, aduk-aduk lagi sampai semuanya tercampur rata.
  3. Jika sudah, terus aduk-aduk gula sampai mendidih dan air menyusut. Teruskan mengaduk gula sampai tekstur mulai mengental, lalu matikan api. Jangan masak sampai air habis karena nanti gula akan gosong.
  4. Masukkan gulali ke dalam wadah anti panas. Lalu, biarkan sampai dingin atau dapat dimasukkan ke dalam freezer selama 1 jam. Setelah itu, keluarkan gulali dan pakai tusuk sate atau sumpit untuk mengambil gulali. Berikan taburan meses atau santap bersama minuman bersoda. Gulali jadul telah siap untuk dinikmati.

Tertarik? Anda dapat menerapkan cara ini dirumah. Selamat mencoba dan semoga sukses dengan Permen Gulali Anda.

 

 

 

 

 

About Aname

Check Also

keripik singkong panjang

Ini Dia Keripik Singkong Panjang, Yuk Simak Cara Membuatnya!

Apa kamu penyuka keripik singkong? Atau justru kamu penggemar cemilan ini? Keripik singkong punya cita …

Leave a Reply

Your email address will not be published.