Home / Bisnis / Berminat Membuat Brand Sendiri? Simak Caranya!

Berminat Membuat Brand Sendiri? Simak Caranya!

Cara Membuat Brand Sendiri

Brand itu tidak hanya sekedar nama bisnis dan logo saja. Namun hal tersebut bisa menjadi ekspektasi orang melihat produk tertentu. Maka dari itu bila ingin membuat brand, sebaiknya perhatikan tipsnya:

 

1. Riset pasar secara mendalam

Anda harus memperhatikan kondisi pasar yang sedang berjalan, khususnya pesaingnya. Pahami siapa target pasar paling potensial. Selain itu, perhatikan juga persaingan pasar saat ini. Anda bisa memanfaatkan teknologi terkini untuk menganalisis pasar. Misalnya Google Analytics. Disamping itu, perhatikan semua hal yang berkaitan dengan konsumen sebaik mungkin.

Bila perlu, lakukan survei kecil-kecilan tentang target pasarnya saat ingin mempersiapkan cara membuat brand sendiri. Tanyakan kepada target pasar dan cobalah berperan menjadi konsumen dengan berbelanja offline dan online dulu.

 

2. Ciptakan positioning

Seorang pelaku bisnis tidak bisa memaksa setiap konsumen supaya menyukai merknya. Terlebih bila masih baru merknya. Jadi buat dulu positioning dengan benar. Untuk memulainya, bisa dilakukan dengan memperhatikan demonya. Misal untuk usaha makanan bisa mencoba wadah makanan berbentuk bento untuk demo mengurangi sampah plastik. Jadi lakukan kampanye untuk menarik perhatian para pelanggan.

Yaitu dengan menyampaikan bila setiap pembelian produk, sebagian keuntungannya pasti disumbangkan untuk kegiatan penanaman pohon. Ini merupakan cara membuat brand sendiri yang terbukti berhasil menarik perhatian para pelanggan baru/ lama.

 

3. Memilih nama bisnis

Dalam memilih nama bisnis dengan memperhatikan banyak hal, misalnya reputasi, kepribadian, dan cerminan sikap. Karena merek itu bisa menjadi komitmen terbesar dalam sebuah bisnis. Namanya bisa berdampak terhadap banyak hal. Misalnya strategi marketing, logo produk, domain, dan pendaftaran merk dagang kepada lembaga yang bersangkutan. Jadi jangan lupa ciptakan nama bisnis yang mampu menjelaskan produk dengan jelas kepada semua calon konsumen.

 

4.Buat slogan

Cara membuat brand sendiri ini sangat penting sekali karena bisa menjadi aset terpenting dalam sebuah bisnis. Namun sebaiknya jangan membuat slogan terlalu panjang. Karena hal tersebut biasanya justru membuat konsumen sulit mengingatnya. Solusinya buatlah kata-kata atau kalimat singkat. Namun pastikan kalimatnya bisa mendeskripsikan produk dan usaha dengan jelas kepada konsumen Anda kedepannya nanti.

Selain itu dalam membuat slogan sebagai cara membuat brand sendiri ini juga harus terlihat catchy. Jadi bisa menciptakan impresi yang kuat untuk calon konsumen Anda. Sehingga bisa dipastikan akan sukses.

 

5. Memilih warna dan tipografi.

Ciptakan tampilan visual sebaik mungkin karena nantinya akan menjadi identitas sebuah bisnis yang akan dibangun. Jadi ini tidak sekedar mendefinisikan produk saja. Namun hal tersebut akan menjadi media komunikasi terbaik kepada para konsumen. Itulah kenapa dalam memilih pewarnaan dan tipografinya tidak boleh asal. Temukan inspirasi terbaik di internet supaya hasilnya juga memuaskan.

 

6. Membuat logo

Demi mencuri perhatian dan hati konsumen, Anda perlu memikirkan arti yang akan disampaikan dalam pembuatan logo. Idealnya logo itu harus unik dan mudah diaplikasikan dulu. Pastikan logonya bisa diaplikasikan ke dalam berbagai ukuran serta mudah diingat oleh semua orang. Selain itu, pastikan logonya bisa diaplikasikan ke semua media promosi. Misalnya Facebook, Instagram, Twitter, Youtube, dll.

 

7. Lakukan branding dengan baik.

Jadi jangan pernah tebang pilih. Anda harus melakukan branding terhadap semua produk Anda saat mengaplikasikan sebuah nama merk. Hal tersebut bisa membantu Anda membangun nilai brand, sehingga jika dilakukan dengan benar akan memberikan keuntungan kepada pelaku bisnis. Karena pada akhirnya bisa menciptakan merk sendiri yang sukses menarik perhatian para pelanggan potensial.

 

Jadi dapat disimpulkan bahwa memahami strategi di atas sangat baik, khususnya para pemula. Maka dari itu perhatikan cara membuat brand sendiri di atas supaya bisa membangun citra produk yang unik. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi branding agency jakarta! Kami siap membantu.

About Aname

Check Also

meeting room jakarta

3 Perubahan Utama Tempat Kerja Karena Pandemi

Pandemi Covid-19 telah mengubah banyak hal dalam kehidupan kita, termasuk cara kita bekerja. Banyak perusahaan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *