Home / Uncategorized / Apa Saja Contoh Sampah Organik dan Anorganik?

Apa Saja Contoh Sampah Organik dan Anorganik?

Sampah adalah sisa limbah dari suatu produk atau barang yang sudah tidak terpakai lagi, tetapi masih dapat didaur ulang menjadi barang yang bernilai. Sampah dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu sampah anorganik dan sampah organik. Pada kesempatan ini kita akan membahas tentang contoh sampah organik dan anorganik. Apa yang dimaksud dengan sampah organik?

 Sampah organik merupakan sampah yang berasal dari makhluk hidup, seperti manusia, tumbuhan, maupun hewan. Sampah organik ini masih bisa dimanfaatkan jika dikelola dengan prosedur yang benar. Jadi, sebenarnya sampah organic memiliki manfaat bagi kehidupan.

Sampah sendiri merupakan sisa-sisa kegiatan sehari-hari dari manusia, atau dari proses alam yang terjadi. Sedangkan sampah organik adalah sampah yang umumnya berasal dari tumbuhan dan mudah didaur ulang.

Selain sampah organik, Kamu juga bisa mengenal sampah anorganik. Berbeda dengan sampah organik, sampah anorganik adalah sampah yang tidak dapat diolah secara alami.

Sampah organik dibedakan menjadi dua jenis, yaitu sampah organik kering dan sampah organik basah. Sampah organik kering adalah sampah organik yang sedikit mengandung air. Sampah organik yang basah adalah jenis sampah organik dengan kandungan air yang banyak.

Ada banyak contoh sampah organik dan anorganik yang mungkin kerapkali kita temui di lingkungan sekitar. Apa sajakah apa ini?

Contoh Sampah Organik

    Sisa

Sampah makanan ini termasuk atau termasuk dalam kelompok sampah organik karena dapat didaur ulang kembali menjadi kompos.

    Dedaunan

Daun-daun yang jatuh dari pohonnya jika tidak dirawat akan menjadi salah satu sampah organik yang bisa kita manfaatkan sebagai bahan utama pembuatan kompos.

    bangkai hewan

Bangkai hewan merupakan salah satu limbah organik yang mungkin belum dapat kita manfaatkan secara maksimal. Tetapi bagi bakteri yang menguraikan bangkai hewan, itu adalah makanan favorit mereka.

    Kotoran hewan atau sapi

Kotoran hewan merupakan salah satu limbah organik yang memiliki manfaat yang baik. Salah satunya adalah kotoran sapi. Kotoran sapi merupakan salah satu contoh sampah organik yang dapat dimanfaatkan sebagai biogas alam.

Contoh Sampah Anorganik

Contoh sampah anorganik dalam kehidupan kita adalah plastik, botol bekas, seng, besi, kaca, aluminium, ember, karet, kabel, kaleng, kabel, barang elektronik bekas, kain bekas dan lain-lain.

Sebagian besar sampah anorganik sulit untuk diurai alami oleh alam. Timbulnya limbah jenis ini bisa dari sisa-sisa pengolahan industri seperti limbah pabrik, hingga proses pengolahan di rumah. Sampah anorganik ini sangat sulit terurai dan terurai. Itu bisa membusuk selama bertahun-tahun dalam jangka waktu yang sangat lama. Serta menyebabkan zat berbahaya. Ditinjau dari bentuknya, sampah anorganik dibedakan menjadi 3 yaitu. Sampah anorganik berupa cair, seperti air bekas pakai untuk kegiatan rumah tangga, bekas cuci piring, deterjen atau sabun cuci.

Limbah anorganik cair dari pabrik yang membuang limbahnya ke sungai dan mengandung zat berbahaya. Limbah anorganik cair ini berbahaya bagi satwa liar karena sungai menjadi kotor.

Sampah anorganik padat. Sampah ini bisa ditampung karena bentuknya. Jika dipegang ada yang berbahaya dan ada yang tidak, misalnya benda yang berbahaya adalah besi berkarat yang merusak kulit.

Sampah anorganik berupa gas. Limbah ini juga sangat berbahaya karena polusi terus meningkat dan hutan rusak akibat hujan asam dan meningkatnya energi panas bumi.

Limbah anorganik berupa gas ini disebabkan oleh berbagai gas kendaraan yang menghasilkan karbon monoksida melalui ekskavator dan asap dari pabrik yang keluar melalui cerobong asap.

Itulah pembahasan tentang sampah organik maupun anorganik. Jadi kalau nanti ada pertanyaan seperti sebutkan contoh sampah organik dan anorganik, kamu bisa langsung menjawabnya.

About Aname

Check Also

cara memulai usaha kue

Cara Memulai Usaha Kue Rumahan

Bisnis kue rumahan memiliki prospek yang cukup bagus dan bisa mertahan dengan baik di tengah …

Leave a Reply

Your email address will not be published.