Home / Uncategorized / Aneka Jajanan Pasar Modern yang Semakin Populer

Aneka Jajanan Pasar Modern yang Semakin Populer

Jajanan tradisional atau lebih dikenal dengan nama jajanan pasar adalah salah satu jajanan yang tergolong menyehatkan. Dibuat oleh industri makanan rumahan, yang sebagian besar jajanan pasar dibuat menggunakan bahan-bahan alami. Dikarenakan saat proses pengolahannya menggunakan bahan dan cara tradisional membuat jajanan pasar tersebut bebas dari penggunaan bahan kimia. Oleh karena itu, tentu saja jajanan pasar relatif aman dikonsumsi, sehat, dan juga bergizi. Nah berikut ini akan ada pembahasan mengenai aneka jajanan pasar modern yang semakin populer saat ini.

Apa Itu Jajanan Pasar?

Aneka Jajanan Pasar Modern

Pada tahun 90-an hingga awal tahun 2000-an, jajanan pasar hanya dijual di pasar atau dilingkungan sekolah, dan bukan dijual di warung. Jarang sekali dalam pembuatan jajanan pasar, para produsennya menggunakan pengawet sehingga rasa jajan pasar akan berubah tak sedap ketika siang atau sore. Oleh sebab itu para pedagang akan menjual jajan pasar di pagi hari karena masih segar dan enak. Biasanya mereka memilih lokasi berjualan di pasar atau di lingkungan sekolah saja. Meskipun demikian, tidak semua anak-anak mengenal jajanan pasar tersebut.

Hampir semua jajanan pasar masuk dalam golongan kue basah. Biasanya, jajanan pasar disajikan untuk suguhan tamu, rapat, arisan, atau untuk sekedar cemilan untuk teman minum teh di rumah. Bahan yang digunakan dalam proses pembuatannya juga masih alami, oleh sebab itu jajanan pasar layak dikonsumsi karena sehat dan bergizi, serta bebas dari bahan-bahan kimia.

Indonesia adalah salah satu negara yang kaya akan wisata kuliner tradisional, salah satunya yaitu jajanan pasar. Definisi dari jajanan pasar yaitu aneka makanan yang diperjual-belikan di pasar, terutama di pasar tradisional. Memiliki berbagai jenis, ada yang cemilan, kue kering ada juga yang berjenis kue basah dengan rasa yang juga sangat bervarian. Jajanan pasar terbilang makanan yang sangat unik, karena setiap jajanan pasar tersebut membawa ciri khas daerahnya.

Seiring berkembangnya zaman, jajanan pasar merupakan salah satu makanan yang menjadi incaran para pelancong ketika berwisata di suatu daerah. Salah satu daerah di Indonesia yang memiliki sajian kuliner dan jajanan pasar yang lezat adalah kota Yogyakarta. Di kota Jogja, kamu bisa menemukan berbagai makanan ringan, berat, hingga jajanan tempo dulu yang dijual di pasar tradisional.

1. Kue Leker Salah Satu Aneka Jajanan Pasar Modern

Aneka Jajanan Pasar Modern

Pada tahun 90-an leker menjadi jajanan sederhana ini yang biasa ditemukan di sekolah atau pasar tradisional. Banyak orang yang mempercayai bahwa jajanan ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda dan terinspirasi dari pancake. Namun ada perbedaannya, yaitu kue leker ini lebih tipis dari pada pancake.

Dulunya, leker hanya mempunyai satu isian saja, yaitu pisang yang dipotong kecil-kecil kemudian ditambahkan taburan gula pasir atau cokelat. Tetapi di era modern saat ini, leker disulap menjadi jajanan tradisional kekinian yang memiliki berbagai macam isian. Contoh isian dari kue leker saat ini ada oreo, green tea, cokelat, kacang, keju dan berbagai macam selai. Bahkan ada juga kue leker yang diisi dengan sosis dan keju mozarella.

2. Rolled Cake/Bolu Gulung juga Termasuk Aneka Jajanan Pasar Modern

Aneka Jajanan Pasar Modern

Rolled cake atau lebih di Indonesia lebih dikenal dengan nama bolu gulung. Jajanan pasar ini pertama kali dibuat di Inggris dengan menggunakan resep yang berasal dari resep kue kuno. Diperkenalkan oleh petani di daerah Utara Inggris yang terbuat dari resep layer cake yang kemudian diisi dengan selai dan digulung.

Dalam sebuah jurnal yang diterbitkan di Utica New York, Desember 1852 di terangkan bahwa Modern Jelly Roll dibuat dengan cara dipanggang dengan waktu yang cepat. Lalu diolesi dengan selai, setelah itu digulung secara perlahan dan dibungkus dengan kain. Apabila kue bolu telah dingin, lalu dipotong dan bisa langsung disajikan.

3. Bika Ambon merupakan Aneka Jajanan Pasar Modern

Aneka jajanan pasar modern selanjutnya adalah bika ambon. Bika ambon merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari Medan, bika ambon merupakan jajanan pasar jenis kue basah. Ternyata, kue satu ini memiliki ciri khas yaitu warnanya kuning dan terdapat rongga-rongga di bagian dalamnya.

Selain itu, bika ambon juga memiliki cita rasa dan aroma yang khas. Sehingga bisa membuat ketagihan siapa saja yang menikmati jajanan satu ini. Bahan yang digunakan untuk membuat jajanan pasar ini diantaranya adalah tepung, telur, nira, gula, dan santan. Sedangkan bahan yang digunakan sebagai penyedapnya yaitu dapat menggunakan daun pandan, daun jeruk, aatau vanilli.

4. Bolu Kukus Mekar

Aneka jajanan pasar modern yang berikutnya adalah bolu kukus. Jajanan pasar ini merupakan camilan yang wajib ada pada setiap acara spesial seperti acara ulang tahun, pernikahan dan bahkan saat momen momen penting lainya. Bolu kukus ini mempunyai berbagai varian rasa. Apapun rasa dari jajanan pasar ini, pastinya sama-sama lezat dan manis serta teksturnya lembut.

Bolu merupakan kue dengan bahan baku yang terdiri dari tepung terigu, gula, serta telur. Kebanyakan dari kue bolu ini dimasak dengan cara dipanggang dalam oven. Akan tetapi ada juga kue bolu yang dikukus. Contohnya yaitu bolu kukus atau brownies kukus.

5. Kue Cubit

Kue cubit merupakan salah satu jajanan tradisional yang masih eksis hingga saat ini. Pada zaman dahulu, umumnya para pedagang kue cubit berjualan di sekitar pasar dengan menggunakan sepeda. Dulu jajanan pasar ini hanya menggunakan topping messes saja. Akan tetapi, seiring perkembangan zaman, topping dari kue cubit juga semakin beragam.

Saat ini, kue cubit menjadi salah satu jajanan yang tengah hits di kalangan anak muda. Dikarenakan sekarang topping yang digunakan untuk kue ini tidak hanya menggunakan messes saja. Tetapi kini ada berbagai macam varian topping dan rasa lainnya. Contohnya rasa strobery, matcha, keju, taro, dan lainnya. Kue cubit dengan rasa dan topping apa nih yang kamu suka?

6. Panekuk Durian / Pancake Durian

Panekuk durian atau bisa juga disebut pancake durian adalah makanan ringan berupa pure daging durian dan vla atau krim kocok yang dibalut dengan kulit crepes atau dadar gulung. Jajanan ini pertama kali dipelopori oleh pedagang-pedagang kue rumahan di Kota Medan. Oleh sebab itu, lambat laun jajanan ini mulai tersebar di kota-kota lain di Indonesia, seperti Jambi, Semarang, Jakarta, dan beberapa kota lainnya.

Pancake durian ini biasanya durian menggunakan durian Medan. Namun, di pasar swalayan kota tersedia pula panekuk durian berisi durian montong, dan durian-durian lokal lainnya. Para pedagang panekuk durian juga membuat banyak varian rasa krim, selain dari varian daging durian yang digunakan.

Pada umumnya panekuk durian menggunakan krim kocok yang berwarna putih. Akan tetapi sekarang ini juga banyak pedagang panekuk yang memodifikasi krim kocok menjadi berbagai rasa. Contohnya rasa stroberi, coklat, keju, dan lain-lain.

7. Serabi

Jajanan kali ini merupakan makanan khas Jawa Barat dan sudah ada sejak 1923. Kata serabi sendiri berasal dari bahasa sunda yaitu “sura” yang artinya besar. Makanan ini sering kali disebut mirip dengan pancake yang berasal dari Belanda. Namun terdapat perbedaan diantara keduanya, yaitu pada adonan yang digunakan. Biasanya adonan pada pancake menggunakan tepung dan telur.

Sedangkan adonan untuk serabi sendiri, dibuat dengan menggunakan tepung terigu, tepung beras, dan santan kelapa. Selain itu, ada dua rasa yang dimiliki oleh jajanan ini yaitu serabi manis yang ditambahkan kinca atau gula merah cair. Kemudian ada juga serabi asin, yaitu yang ditaburi oncom diatasnya.

8. Lapis

Jajanan pasar modern terakhir ada kue lapis, yang berbahan baku dari tepung beras dan salah satu makanan khas Indonesia. Biasanya kue ini terdiri dari dua warna yang berlapis-lapis, oleh sebab itu menjadikan sebuah nama untuk kue ini. Kue ini terbuat dari campuran tepung beras, tepung kanji, santan, gula pasir, garam dan pewarna makanan.

Setiap lapisan pada kue ini cara memasaknya yaitu dikukus. Warna yang digunakan untuk membuat jajanan ini yaitu terdiri dari perwana alami, sehingga kue lapis ini sangat terjamin keamanannya. Warna yang digunakan yaitu ada warna hijau yang berasal dari daun pandan dan juga merah dari bunga mawar. Kue lapis memiliki ciri khas yang unik yaitu tampilannya yang berlapis, dengan perbedaan warna setiap lapisnya. Cara memasak kue lapis juga cukup mudah yaitu dengan cara dikukus.

 

Itu dia pembahasan mengenai aneka jajanan pasar modern yang bisa kamu nikmati. Jajanan diatas ada juga yang merupakan jenis jajanan pasar yang tidak mudah basi, seperti kue leker, bika ambon, kue cubit dan jugab serabi. Apabila kamu ingin mencobanya, kamu bisa membeli di pasar tradisional di dekat rumahmu, atau juga di warung jajanan pasar. Selain membelinya, kamu juga bisa membuatnya sendiri, tentu saja bahan dan cara membuatnya juga sangat mudah dah sederhana.

About Aname

Check Also

cara memulai usaha kue

Cara Memulai Usaha Kue Rumahan

Bisnis kue rumahan memiliki prospek yang cukup bagus dan bisa mertahan dengan baik di tengah …

Leave a Reply

Your email address will not be published.